Semarang

Kilas Semarang

 

Semarang, ibukota Jawa Tengah dengan segala hal menarik yang ditawarkan. Banyak bangunan tua dengan arsitektur kolonial yang masih bertahan hingga saat ini, bersanding dengan bangunan-bangunan bergaya tradisional Cina.

Di sisi lain, Semarang menampilkan wajah modernnya dengan kawasan komersial yang hidup dan ramai. Sebut saja Simpang Lima dengan deretan pusat perbelanjaan dan penginapan berbintang yang siap menyambut wisatawan yang ingin berkunjung ke Semarang.

Sebagai kota terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang adalah kota yang ramah bagi wisatawan. Kota yang terletak di pesisir utara ini menawarkan sejumlah destinasi wisata menarik dan mengagumkan. Sangat cocok dijadikan tujuan wisata Anda & keluarga.

Pilihan unit di Kota Semarang

Pertanyaan tentang Semarang

Informasi seputar tempat wisata di Semarang

Informasi Penting di Semarang
  1. Sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Kenakanlah kaus lengan pendek, celana selutut atau celana panjang, rok selutut atau rok panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Lepaskan sepatumu saat akan masuk ke rumah warga lokal, tempat ibadah, dan/atau tempat suci.
  3. Air keran di Semarang bukan untuk diminum.
  4. Jagalah sikap dan perkataanmu saat berkunjung ke tempat-tempat suci dan bersejarah.
Waktu terbaik ke Semarang

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Semarang adalah pada pertengahan tahun, yaitu pada musim kemarau. Hal ini karena ada banyak aktivitas dan tempat wisata di Semarang yang tidak bisa kamu kunjungi pada musim hujan.

Suhu Rata-Rata

Karena Semarang merupakan bagian dari negara tropis yang hanya mengalami dua musim, tidak ada perubahan suhu yang drastis. Sepanjang tahun, suhu rata-rata di sini adalah sekitar 27?C (80.6?F).

Festival

Semarang adalah tuang rumah berbagai festival tahunan yang seru. Salah satunya adalah Semarang Night Carnival yang di dalamnya terdapat parade pakaian khas atau adat dari berbagai daerah atau peserta karnaval.

Kemudian ada juga Dugder yang diadakan menyambut datangnya Bulan Ramadhan tiap tahun.

Pada saat Imlek (awal tahun), ada Festival Budaya Tionghoa. Kamu akan melihat berbagai atraksi budaya Tionghoa mulai dari Wayang Po Tay Hee, Liang Liong, hingga Barongsai di kawasan Pecinaan Semarang

Zona Waktu & Mata Uang Semarang

WIB (GMT+7) / Rupiah Indonesia (IDR)

Cara menuju Semarang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Semarang adalah dengan:

Pesawat

Jika Anda berangkat dari luar negeri atau luar Pulau Jawa, ini adalah cara terbaik untuk mencapai Semarang. Bandara utama di kota ini adalah Bandara Internasional Achmad Yani (SRG).

Bus

Terminal bus di Semarang ada Mangkang yang berada sekitar 5 km ke barat dari pusat kota. Ada layanan reguler dari seluruh kota besar di Jawa, termasuk Jakarta (6 jam perjalanan), Bandung (4.5-5 jam perjalanan), dan Surabaya (4-4.5 jam perjalanan).

Kereta

Sistem kereta api antar kota di Pulau Jawa cukup baik dengan rute yang lengkap. Untuk itu, jika kamu berangkat dari kota lain di Pulau Jawa, kamu bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta untuk tarif yang lebih terjangkau. Jika kamu berangkat dari Jakarta, waktu perjalanan adalah sekitar 6-7 jam ke stasiun utama Semarang, Stasiun Tawang. Kereta Argo Muria dan Argo Sindoro adalah yang terbaik, tercepat dari kereta yang lain, dan juga yang paling nyaman. Kamu bisa juga naik Kereta Tawang Jaya atau Manoreh, yang harganya sekitar Rp100.000,- hingga Rp375.000,-. Semua kereta ini adalah kereta reguler yang menghubungkan Semarang dan Jakarta dalam 6-7 jam, baik di siang hari atau malam.

Akomodasi di Semarang

Semarang memiliki banyak pilihan hotel mulai dari bintang 2 hingga 5 yang menawarkan kamar yang minimalis dan nyaman, fasilitas yang lengkap, dan lokasi yang strategis.

Yang seru di Semarang

Secara garis besar Semarang adalah sebuah perpaduan antara kota bisnis dan Jasa, pesona alam yang indah di sekelilingnya, dan sejumlah peninggalan bersejarah. Anda bisa berkunjung ke Lawang Sewu, Gereja Belenduk maupun Kawasan Kota Lama untuk wisata sejarah. Sedangkan untuk wisata alam, berkunjunglah ke Pantai Marina, Goa Kreo, dan Kawasan Bandungan.

Spot Instagram-able di Semarang

Semarang memiliki banyak lokasi-lokasi outdoor yang bisa kamu kunjungi untuk mengoleksi foto-foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Kawasan Kota Lama, Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Taman Bunga Celosia, Ayana, Gumuk Reco atau Museum Kereta Api

Kuliner di Semarang

Di sini, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai makanan lokal yang lezat dan tiada duanya. Sebut saja Loenpia (berisi rebung/bambu muda, yang disajikan dengan saos manis bawang), Wingko (ketan campuran kelapa dan dibakar), Nasi Ayam (mirip nasi liwet Solo, berisi nasi hangat yang disajikan dengan berbagai lauk).

Makanan Vegan / Vegetarian

Komunitas vegan dan vegetarian di Semarang cukup banyak dan turis dari berbagai latar belakang sering berkunjung ke kota ini. Meskipun belum tersedia di warung atau seluruh area di kota, kamu tetap tidak akan kesulitan menemukan berbagai restoran dan kafe vegan dan vegetarian di sini. Makanan yang disajikan mulai dari makanan khas lokal hingga makanan internasional tanpa daging.

Belanja di Semarang

Ada banyak pusat perbelanjaan di kota ini, mulai dari mal besar hingga street market. Untuk mal, kamu bisa berbelanja di Paragon Mall, Ciputra Mall, Java Mall & DP Mall. Mal-mal ini umumnya berisi toko-toko lokal, restoran, toko buku, bioskop, dan department store.

Sedangkan untuk berbelanja kerajinan tangan lokal, salah satunya Kampung Batik (Sebuah kompleks perumahan luas dengan koleksi Batik khas Semarangan).

Stop Kontak di Semarang

Jenis stop kontak di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar Anda akan memerlukan adaptor.