Jakarta

Kilas Jakarta

 

Siapa bilang Jakarta tak bisa menjadi destinasi seru buat liburan? Buktinya, banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa bikin liburanmu lebih menyenangkan dan penuh warna. Sebagai ibukota dari Republik Indonesia, Jakarta menawarkan banyak hal baru yang mungkin tidak bisa didapatkan di kota lainnya. Segala hal yang menarik bisa kamu temukan di Jakarta! Salah satunya adalah menemukan tempat wisata di Jakarta yang bikin liburanmu makin istimewa. Anda bisa menemukan apapun yang kamu inginkan di Jakarta. Dari wisata belanja dengan mall atau pusat perbelanjaan yang megah, sampai wisata keluarga yang ramah anak, semua ada di Jakarta.

Bukan cuma itu, beragam event kelas nasional maupun internasional juga sering digelar di Jakarta. Kota ini juga memiliki fasilitas lengkap dengan transportasi publik yang terintegrasi. Tidak heran, Jakarta selalu memiliki tempat tersendiri di hati para turis atau pecinta wisata seperti kamu, sobat tiket. Selain itu, daya tarik Jakarta juga tidak lepas dari keberagaman kuliner khas ibukota yang mengundang selera. Kamu bisa jalan-jalan sambil kulineran untuk menikmati pengalaman liburan di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini.

Jangan ragu lagi untuk segera berangkat ke Jakarta dan menikmati beragam event, atraksi, maupun tempat wisata di Jakarta

Pilihan unit di Jakarta

Pertanyaan tentang Jakarta

Informasi seputar tempat wisata di Jakarta

Informasi Penting di Jakarta
  1. Anda perlu menyiapkan kartu e-toll atau uang elektronik lainnya yang berlaku untuk pembayaran gerbang tol. Hal ini karena kamu tidak bisa membayar tunai di sana. Kartu-kartu ini umumnya juga bisa digunakan untuk membayar tarif transportasi publik Jakarta seperti kereta KRL Commuter Line, TransJakarta, dan MRT. Ketiga transportasi publik ini tidak menerima pembayaran tunai, kartu debit, dan/atau kartu kredit.
  2. Kebanyakan toko, restoran, dan cafe di Jakarta sudah menggunakan pembayaran e-wallet atau cashless dan cardless, meskipun tentu masih memberlakukan metode pembayaran tunai, kartu debit, dan kartu kredit. Kamu perlu mengunduh aplikasi-aplikasi e-wallet tersebut untuk melakukan pembayaran.
  3. Pakaian yang cocok untuk berwisata di Jakarta adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau rok, atau celana panjang dengan warna cerah, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  4. Jangan minum air keran di Jakarta karena umumnya tidak bersih untuk diminum.
  5. Jangan berkendara pada jam berangkat dan pulang kerja di hari biasa (07.00 – 09.00 WIB dan 17.00 – 19.00 WIB) karena akan sangat macet. Jalanan Jakarta di hari Sabtu dan Minggu juga cukup ramai, terutama di daerah pusat kota atau daerah dengan banyak mal.
  6. Jangan membuang sampah dan putung rokok sembarangan.
Waktu terbaik ke Jakarta

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Jakarta adalah antara bulan Juni atau September. Pada bulan-bulan ini, Jakarta sedang mengalami musim kemarau sehingga tidak sering hujan serta cerah. Selain itu, kami juga menyarankan untuk mengunjungi Jakarta pada saat sedang libur Lebaran yang dirayakan secara besar-besaran di Indonesia. Jakarta terdiri dari banyak orang dari luar kota yang datang ke kota ini untuk bekerja atau mengenyam pendidikan. Pada musim liburan ini, banyak dari mereka yang pulang ke kampung halaman sehingga Jakarta sepi dan tidak macet. Namun, perlu diingat, banyak toko serta warung pribadi yang tutup pada masa liburan ini. Hanya tempat wisata nasional dan mal yang sudah pasti buka.

Festival

Jakarta adalah pusatnya festival-festival seru dan modern yang digelar setiap tahun. Kota ini menjadi pusat penyelenggaraan acara Jakarta Fashion Week setiap tahun. Jakarta juga menjadi tuan rumah acara-acara musik keren seperti DWP (Djakarta Warehouse Project) yang biasa digelar di akhir tahun dan WTF (We The Fest).

Selain itu, tidak jarang musisi-musisi internasional menggelar konser solonya di kota Jakarta, seperti Honne, EXO, Boyz II Men, dan The 1975 di tahun 2019, Pastikan kamu membeli tiketnya di tiket.com, ya!

Zona Waktu & Mata Uang Jakarta

WIB (GMT+7) / Rupiah Indonesia (IDR)

Cara menuju Jakarta

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jakarta adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota lain di luar pulau Jawa atau dari luar negeri, cara terbaik untuk mencapai Jakarta adalah menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) atau Halim Perdanakusuma (HLP). Kemudian, untuk mencapai pusat kota, kamu bisa menggunakan taksi argo.

Bus

Kamu bisa mencapai Jakarta menggunakan bus jika kamu berangkat dari kota-kota di sekitarnya, seperti Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, dan Bogor. Harganya tentu bervariasi, tergantung kota keberangkatan serta bus yang kamu pilih. Umumnya, harganya berkisar antara Rp100.000,- hingga Rp200.000,-.

Kapal

Jika kamu berangkat dari beberapa kota besar yang cukup jauh dari Jakarta, perjalanan dengan kapal bisa menjadi pilihan yang tepat. Umumnya, kamu akan berhenti di Pelabuhan Tanjung Priok yang terletak di Jakarta Utara.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta antarkota ke Jakarta juga cukup nyaman. Ada banyak stasiun antarkota di Jakarta yang bisa kamu pilih sebagai stasiun tujuan, seperti Stasiun Gambir (stasiun utama), Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jatinegara. Jika kamu berangkat dari Depok, Bekasi, Bogor, atau Tangerang, kamu bisa mencapai Jakarta menggunakan kereta KRL Commuter Line. Harga tiket kereta ini hanya Rp3.000 – Rp4.000 saja.

Akomodasi di Jakarta

Anda akan menemukan berbagai jenis hotel di Jakarta, mulai dari yang budget hingga yang mewah. Kebanyakan hotel di daerah Jakarta Selatan atau Jakarta Pusat lebih mewah, seperti Hotel Mulia Jakarta, Ayana Midplaza Jakarta, dan The Ritz-Carlton Jakarta. Hostel, apartemen, serta hotel budget lebih sering ditemukan di luar daerah tersebut atau tidak di pusat kota.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak akan kesulitan menemukan akomodasi yang cocok di kota ini karena jumlahnya yang banyak, mulai dari bintang 1 hingga 5.

Yang seru di Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan di Indonesia yang penuh dengan pusat perbelanjaan modern, transportasi lengkap, gedung-gedung ikonik, museum-museum modern, makanan khas dari berbagai daerah, dan orang-orang yang ramah. Secara tidak langsung, Jakarta adalah kota bertemunya berbagai budaya, baik dari kota-kota lain di Indonesia, maupun dari luar negeri. Kamu bisa menemukan dan mencoba semuanya di sini!

Ada banyak tempat wisata di Jakarta untuk kamu pilih. Mulai dari theme park dengan ukuran raksasa, museum modern, bangunan bersejarah, tempat wisata indoor hingga kafe dan restoran dengan dekorasi lucu.

Jakarta sangat cocok dikunjungi jika kamu bepergian bersama teman-teman terbaikmu atau bersama keluarga.

Spot Instagram-able di Jakarta

Jakarta selalu menambah spot Instagram-able-nya setiap tahun. Namun, ada beberapa spot Instagram-able unik yang sangat menggambarkan Jakarta yang bisa kamu kunjungi setiap saat. Tempat-tempat itu adalah Kota Tua, Cafe Batavia, Rumah Akar, Monumen Nasional, Hutan Mangrove PIK, Balai Kota, dan tembok warna-warni di Blok M Square.

Kuliner di Jakarta

Ada banyak makanan Betawi di Jakarta yang bisa kamu cicipi. Sebut saja Soto Betawi, ketoprak, kerak telor, dan semur jengkol. Selain makanan-makanan khas ini, Jakarta juga menjadi rumahnya makanan-makanan viral yang berganti setiap beberapa lama, baik itu makanan lokal, internasional, maupun gabungan keduanya. Tergantung dengan waktu kedatanganmu, makanan viral pada saat tersebut bisa berubah-ubah. Kamu bisa mengandalkan media sosial untuk mengikut update-nya. Beberapa yang masih terkenal hingga kini adalah ayam geprek dan minuman boba.

Harga makanan di Jakarta bervariasi. Jika kamu membeli makanan di restoran yang lebih sederhana, harganya berkisar antara Rp30.000,- hingga Rp50.000,- per porsi. Untuk makanan di restoran yang lebih besar dan mewah, kamu bisa menghabiskan kurang lebih Rp100.000,- hingga Rp170.000,- per porsi.

Makanan Vegan / Vegetarian

Sebagai kota yang modern dan metropolitan, makanan vegan atau vegetarian mudah ditemukan di Jakarta. Mulai dari yang terjangkau hingga yang lebih mewah, kamu bisa menemukan semuanya di sini. Tidak jarang kamu akan menemukannya di dalam mal modern sekalipun. Sebut saja Dharma Kitchen, Loving Hut, dan Burgreens Eatery.

Belanja di Jakarta

Jakarta terkenal sebagai kota yang pusat perbelanjaannya berlimpah. Untuk mal, kami merekomendasikan Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Plaza Senayan, Senayan City, Mall Taman Anggrek, dan Pondok Indah Mall. Kamu bisa menemukan berbagai brand terkenal di sini.

Untuk belanja yang lebih terjangkau, kamu bisa berkunjung ke pusat perbelanjaan Tanah Abang, ITC Mangga Dua, dan Thamrin City.

Stop Kontak di Jakarta

Jenis stop kontak di Jakarta adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar Anda akan memerlukan adaptor