Bali

Kilas Bali

 

Keindahan Pulau Dewata memang mampu menyihir banyak mata. Begitu pun dengan beragamnya tempat wisata di Bali yang setiap spot-nya selalu menawarkan keseruan tersendiri. Kamu tentu tidak bisa menolak untuk menghabiskan liburan penuh warna di pulau yang juga disebut sebagai Pulau Seribu Pura ini. Provinsi Bali telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit Indonesia, bahkan dunia. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Pulau Bali juga menawarkan wisata budaya, wisata edukasi, bahkan wisata super instagramable untuk kaum milenial.

Jika kamu memilih Bali sebagai destinasi untuk menghabiskan liburan mendatang, kamu berarti telah menentukan pilihan yang sangat tepat! Di Bali, kamu punya banyak pilihan tempat wisata di Bali yang seru untuk dinikmati bersama keluarga, rekan, maupun para sahabatmu.

Ada banyak hal menarik yang hanya bisa kamu temukan di pulau yang juga dijuluki The Morning of The World ini. Kamu tidak akan menemukan rasa bosan meskipun mungkin telah berkunjung berkali-kali. Bali selalu menawarkan hal baru untuk memanjakanmu. Kamu bisa menikmati wisata relaksasi yang membuat penatmu terlepas. Kamu juga bisa menemukan uniknya pengalaman berjalan di bawah laut? dan bersapa dengan ikan-ikan yang lucu dan atraktif.

Pesan unitmu hanya disini !

Pilihan unit di Bali

Pertanyaan tentang Bali

Informasi seputar tempat wisata di Bali

Informasi Penting di Bali

Ada beberapa peraturan dan informasi penting yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke Bali:

  1. Saat kamu berada di Bali, perhatikan peraturan di tempat-tempat tertentu, terutama di kuil-kuil, seperti cara berpakaian dengan tepat, tidak menginjak atau menyentuh patung tertentu, dan sebagainya.
  2. Untuk minum, jangan minum dari air keran karena air keran di Indonesia umumnya tidak bersih untuk diminum.
  3. Jika kamu mengunjungi Ubud Monkey Forest, jangan memprovokasi monyet karena mereka bisa menggigit jika terganggu, serta amankan barang-barang seperti kacamata dan ponsel.
  4. Saat mengemudi di Bali, pastikan kamu memiliki SIM internasional.
  5. Jika kamu mengunjungi Bali, pakaian yang tepat untuk dikenakan adalah celana pendek, rok, kemeja lengan pendek, sepatu jalan yang nyaman, dan kacamata hitam. Kamu juga perlu membawa baju renang, tabir surya, dan ransel. Namun, jangan berkeliling dengan celana renang atau bikini saja, karena ini dianggap kasar.
Waktu terbaik ke Bali

Musim

Kebanyakan orang datang ke Bali untuk mengunjungi pantai-pantainya yang indah, dan tentu saja, ditemani oleh cuaca cerah. Karena Bali berada di negara tropis, di sini hanya ada 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jadi, kami menyarankan untuk berkunjung antara bulan April dan Oktober, ketika cuaca lebih hangat dan cerah. Bulan-bulan tersebut adalah waktu yang sempurna untuk kegiatan olahraga air, serta hiking dan berjemur.

Perlu diingat bahwa pertengahan tahun di Bali adalah waktu yang paling ramai turis.

Festival

Jika kamu ingin merasakan budaya Bali lebih dekat, ada banyak pilihan festival budaya yang wajib kamu kunjungi. Jika kamu mencari yoga, seminar, musik, pasar komunitas, dan pusat penyembuhan, The Bali Spirit Festival di bulan Maret dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk wisata kuliner, Ubud Food Festival di bulan April dapat menjadi tujuan yang sempurna. Untuk merasakan budaya Bali melalui festival, kamu bisa menghadiri Pesta Kesenian Bali pada bulan Juni, Festival Buleleng pada bulan Agustus, dan Festival Denpasar pada bulan Desember.

Selain itu, mayoritas penduduk Bali, yang kebanyakan beragama Hindu, juga merayakan Hari Nyepi, yang umumnya jatuh pada bulan Maret. Pada hari ini, umat Hindu tidak diperbolehkan keluar rumah, mencari hiburan, melakukan kegiatan fisik lain selain penyucian jiwa, dan tidak boleh menyalakan api. Meskipun tidak beragama Hindu, saat turis berada di Bali pada hari Nyepi ini, mereka diharapkan untuk juga mengikuti adat ini. Selain itu, toko, restoran, bahkan bandara juga kemungkinan tutup.

Zona Waktu & Mata Uang Bali

WIB (GMT+8) / Rupiah Indonesia (IDR)

Cara menuju Bali

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Bali adalah dengan:

Pesawat

Kamu bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS). Bandara ini terletak di Kuta Selatan dan hanya berjarak 13 km dari Denpasar. Untuk sampai ke pusat kota dari bandara, kamu bisa naik taksi argo.

Bus

Pilihan transportasi ini hanya tersedia jika kamu berangkat dari kota lain di Indonesia. Perlu diingat bahwa perjalanannya akan cukup panjang, jadi siapkan staminamu . Terminal bus utama di Bali adalah Terminal Mengwi yang terletak di Kabupaten Badung.

Kapal Laut

Kamu juga bisa naik kapal untuk sampai ke pulau ini dari Singapura, Sumatra, atau Jawa. Staf di pelabuhan akan membantumu mengurus perjalananmu ke Bali dengan kapal. Beberapa pelabuhan yang bisa kamu singgahi adalah Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai, Benoa, Celukan Bawang, Amuk, and Tribuana.

Akomodasi di Bali

Bali memiliki berbagai akomodasi yang dapat kamu pilih, dari yang mewah hingga yang murah namun nyaman. Jika kamu mencari hotel mewah dengan kamar-kamar yang indah dan pemandangan yang bahkan lebih indah, kami sarankan untuk menginap di salah satu hotel mewah di daerah Nusa Dua, Canggu, atau Ubud. Kamu juga dapat menikmati fasilitasnya, seperti spa, restoran dan bar, dan infinity pool hingga floating breakfast.

Jika kamu ingin tinggal di kota dan mencari hotel, hostel, atau apartemen yang lebih murah, sebaiknya menginap di Kuta dan sekitarnya. Jangan khawatir tentang kebersihan dan kenyamanan, karena meskipun lebih murah, layanan dan fasilitas mereka sama nyamannya.

Yang seru di Bali

Tak salah jika Bali mendapat julukan Pulau Dewata karena alam dan pantainya yang memesona seperti surga. Semua jenis pantai ada di sini. Dari yang tenang hingga yang menantang, dari yang cocok untuk bersantai dan berjemur, hingga yang cocok untuk snorkeling, surfing, hingga diving. Water sport, bersantai di bar dan klub, dan floating breakfast atau sekadar menikmati indahnya matahari terbenam juga menjadi pilihan asyik untuk menghabiskan waktu di pantai.

Tak hanya pantai, kamu juga bisa mengunjungi sisi Bali yang lebih hijau seperti persawahan dan perbukitan di Ubud, ataupun menikmati kekayaan budaya Bali di desa wisatanya. Berwisata bersama keluarga? Ada banyak destinasi untuk itu. Senang party atau chilling out di kafe-kafe lucu, atau bahkan bulan madu? Semua bisa dilakukan di Bali!

Spot Instagram-able di Bali

Jalan-jalan ke tempat wisata di Bali tidak lengkap jika kamu tidak berkunjung ke tempat-tempat yang Instagram-able di pulau ini, seperti:

  • The Edge Bali
    • Di sini kamu bisa berenang di infinity pool mereka yang terletak 150 meter di atas tebing yang indah. Jadi kamu bisa memotret kolam renang sekaligus lautan dan tebing di bawahnya dalam satu bingkai.
  • Rock Bar
    • Rock Bar yang terletak di Ayana Resort di Uluwatu adalah bar dengan posisi menghadap ke pantai yang indah. Selain bisa menikmati minuman dan bersantai, kamu juga bisa foto sunset di sini.
  • Tegalalang Rice Fields
    • Jika kamu ke Ubud, berkunjunglah ke Tegalalang Rice Fields dan berfotolah dengan pemandangan hijau yang luar biasa di sini!
Kuliner di Bali

Bali dikenal dengan hidangan gurih lezat yang tersedia di setiap sudut pulau, dari yang murah hingga yang mewah. Sama seperti makanan Indonesia lainnya, makanan Bali kebanyakan mengandung nasi dan cabai.

Kamu bisa mencoba babi guling, yaitu sepiring nasi, sosis babi, sayur urap, dan cabai. Nasi campur juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin kenyang hanya dengan satu piring. Satu lagi yang pasti harus kamu coba di sini adalah Bebek Betutu. Selain hidangan lezat, restoran itu sendiri sangat fenomenal, dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah.

Beberapa daerah terbaik untuk melakukan wisata kuliner adalah Jimbaran dan Legian. Di Jimbaran, kamu akan menemukan banyak hidangan laut yang lezat, terutama hidangan ikannya. Di Legian, kamu wajib mencoba sate babinya yang terkenal di sini.

Jika kamu makan di restoran yang lebih kecil atau bahkan tidak di restoran, biaya makanan biasanya mulai dari Rp45.000 – Rp50.000 (sekitar USD 3). Jika kamu makan di restoran yang lebih besar dan mewah yang menyajikan hidangan barat dan lainnya, harganya bisa mencapai sekitar 100.000 per hidangan (~ USD 7,15).

Makanan Vegan/Vegetarian

Menemukan makanan vegan dan vegetarian di Bali sangat mudah. Daerah terbaik di Bali untuk menemukan restoran / kafe semacam ini adalah Canggu, Ubud, dan Seminyak. Kisaran harga makanan bergantung pada jenis restoran yang kamu kunjungi. Yang termurah bisa sekitar USD 2, dan yang paling mahal bisa sekitar USD 45.

Belanja di Bali

Berbelanja di Bali adalah kegiatan lain yang wajib dilakukan di sini.

Kuta

Jika kamu mencari pusat perbelanjaan yang lebih besar, kamu dapat berkeliling di Kuta dan menemukan sebagian besar pusat perbelanjaan di sana, seperti Park 23 Mall Kuta, Lippo Mall Kuta, dan Discovery Shopping Mall Kuta.

Untuk street shopping, kamu bisa pergi ke Pasar Seni Kuta.

Legian

Jalan Legian adalah satu lagi tempat yang cocok untuk street shopping. Pastikan untuk berbelanja beberapa suvenir terkenal di Bali, seperti pakaian, kalung, dan lainnya.

Stop Kontak di Bali

Jenis stop kontak di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar Anda akan memerlukan adaptor.